Pemrograman Visual Basic & Free Download Source Code

Pemrograman Visual Basic dan Free Download Source Code

Wednesday, May 10, 2017

Aplikasi Penggajian Gratis dengan VB 6.0 dan Microsoft Access 2003

Aplikasi Penggajian Gratis VB 6.0

Pada artikel kali ini saya akan men-share aplikasi Penggajian VB 6.0 secara geratis kepada para pembaca blog saya ini. Aplikasi Penggajian ini saya buat menggunakan VB 6.0 dan database Microsoft Access 2003. Menurut saya Microsoft Access 2003 memang sudah ketinggalan dan daya tampung dari database tersebut kurang begitu besar, akan tetapi bagi Programmer pemula akan bermanfaat untuk berlatih dalam memulai pembuatan program.



Dalam Aplikasi Penggajian ini tampilan program yang terdapat di dalamnya diantaranya :


Form Data Pegawai 

Form data pegawai ini untuk mendata data master Pegawai atau Karyawan, tampilannya seperti berikut ini :



Di dalam form Pegawai ini terdiri dari halaman Input Data dan Halaman Pengurutan Data, Pencarian Data, serta Browse Data. Disamping itu pula user atau pengguna aplikasi dapat mengubah data, menghapus data dan menginputkan data baru.

Form Data Penggolongan Gaji

Form data penggolongan gaji dalam aplikasi Penggajian Pegawai/Karyawan ini digunakan manajemen untuk melakukan pengaturan Golongan Gaji Pegawai/Karyawan berdasarkan masa kerja dari karyawan tersebut. Seperti yang ada di dalam Instansi atau perusahaan Penggolongan Gaji ini biasanya digunakan sebagai suatu acuan Seorang Karyawan mendapatkan gaji.

Dan di dalam Form Penggolongan Gaji ini terdapat pengaturan Gaji Pokok sesuai UMR suatu daerah, Kenaikan Gaji Berkala, Uang Transport, Uang Makan, Tunjangan Jabatan dan Premi. tampilan dari Form Penggolongan Gaji sebagai berikut:


Form Absensi Karyawan

Form Absensi Karyawan/Pegawai ini digunakan untuk mendata Absensi Karyawan dalam suatu perusahaan. Dan untuk pendataan Absensi ini masih dilakukan dengan cara diinputkan ke dalam Form.

Proses pendataan Absensi ini belum dilakukan secara otomatis menggunakan Presensi Sidik Jari Karyawan melainkan masih menggunakan data yang diambil dari buku Presensi, kemudian bagian Kepegawaian menginputkan data ke dalam Form Absensi ini. Form Absensi tersebut seperti Gambar di bawah ini:

Form Absensi Lembur

Hampir sama prosesnya dengan Absensi Karyawan di atas, Form Absensi Lembut ini digunakan untuk mendata Karyawan-karyawan yang melaksanakan lembur di Perusahaan. Data yang diambil oleh bagian Kepegawaian ini berasal dari buku Presensi Lembur karyawan yang kemudian di rekap dan di masukkan ke dalam Form Absensi Lembur. Form Absensi Lembur Karyawan seperti gambar berikut ini:


Form Penggajian Karyawan

Proses penggajian Pegawai/Karyawan ini dilakukan oleh Bagian Kepegawaian untuk melakukan proses Penggajian Bulanan Karyawan. Proses penggajian Karyawan ini data-data yang diproses adalah data-data dari :

  1. Data Karyawan
  2. Data Presensi Karyawan dalam waktu satu Bulan. Dalam waktu satu bulan Karyawan tersebut Melakukan Kehadiran Berapa kali, Ijin dengan Keterangan berapa kali, Alpha, dan Sakit. Maka di dalam proses penggajian Karyawan akan muncul data-datanya sesuai dengan JUMLAH Karyawan tersebut Hadir/ Masuk Kerja.
  3. Data Lembur Karyawan. Jika dalam data lembur karyawan tersebut melakukan lembur berapa jam dalam satu bulan, maka di dalam proses penggajian tersebut akan dihitung dan di tampilkan ke dalam Proses penggajian
  4. Data dari Penggolongan Gaji Karyawan, mulai dari Gaji UMK, Kenaikan I-III, Tunjangan Jabatan, Uang Makan, dan Premi akan dihitung dan diproses di dalam form penggajian ini.
  5. Gaji karyawan akan dihitung dan di totalkan sesuai dengan pendapatan yang diperoleh dan Kehadiran Presensi dan Lembur serta Potongan-potongan.
Berikut ini bentuk tampilan dari Form Penggajian Karyawan:

Untuk Laporan dari Aplikasi Penggajian ini terdiri dari :

  1. Laporan Data Karyawan
  2. Laporan Penggolongan Gaji Per-Periode
  3. Laporan Gaji Karyawan per-Periode, dan
  4. Cetak Slip Gaji Karyawan
Demikian ini artikel mengenai Aplikasi Penggajian ini yang dapat saya share dan Anda dapat menDOWNLOAD secara GRATIS. Apabila di dalam Aplikasi tersebut masih banyak BUGS harap dimaklumi, buatan manusia pasti ada kekurangannya.

Terimakasih.

No comments:

Post a Comment