Event Dalam Visual Basic
Pemrograman visual bersifat event-driver, yang artinya program bekerja berdasarkan event yang terjadi ketika suatu object diberikan aksi misalkan tombol ditekan, option dipilih, atau setelah mengetikkan sesuatu pada text kemudian di tekan [Enter]. Untuk membuat event ini tinggal click pada komponen dari tampilan user interface yang sudah dibuat.
Contoh Penggunaan event
event digunakan untuk setiap objek yang ada di dalam interface untuk menjalankan suatu perintah. Contoh untuk objek tombol, event yang digunakan biasanya adalah Click.
Penerapan di dalam kode program-nya adalah sebagai berikut :
Pemrograman visual bersifat event-driver, yang artinya program bekerja berdasarkan event yang terjadi ketika suatu object diberikan aksi misalkan tombol ditekan, option dipilih, atau setelah mengetikkan sesuatu pada text kemudian di tekan [Enter]. Untuk membuat event ini tinggal click pada komponen dari tampilan user interface yang sudah dibuat.
Contoh Penggunaan event
event digunakan untuk setiap objek yang ada di dalam interface untuk menjalankan suatu perintah. Contoh untuk objek tombol, event yang digunakan biasanya adalah Click.
Penerapan di dalam kode program-nya adalah sebagai berikut :
- Klik Toolbar Code pada jendela Project Explorer
- Maka Akan Tampil Jendela Seperti Gambar Berikut :
- Kemudian Pada kombo General Anda klik, lalu pilih Object Command1, yang terlihat seperti gambar di bawah ini :
- Kemudian akan muncul procedur seperti gambar di bawah ini :
Nah, di dalam procedur itu lah tempat Anda mengisikan perintah untuk tombol Command1_Click(). Perintah yang di tuliskan di dalamnya menyesuaikan dengan kegunaan dari objek tombol tersebut.
Contohnya, Menampilkan Pesan Sederhana saat tombol Command1 tersebut di klik. Berikut ini adalah perintahnya :
Hasilnya saat program di jalankan :
Setelah di klik tombol Command1, maka akan menampilkan pesan seperti Gambar berikut :
Demikian inilah contoh pengunaan Event yang Ada di dalam Pemrograman Visual Basic.
Properties dalam Visual Basic
Properties, merupakan bagian dalam bahasa pemrograman yang digunakan untuk memberikan nilai atau karakter khusus yang dimiliki oleh sebuah objek. Dengan kata lain semua objek memiliki karakteristik khusus yang dimiliki oleh objek tersebut.
Seperti contoh Objek Label memiliki properties (Name, ForeColor, BackColor, Caption, Alignment, dll); objek TextBox memiliki properties (Name, Text, MaxLeght, dll).
Dengan demikian untuk membuat desain interface dari suatu tampilan program, Anda harus memberikan nilai untuk masing-masing objek sesuai dengan properties yang dimiliki oleh objek tersebut.
Berikut ini Contoh pengaturan properties :
Buatlah Project baru dengan pilihan project Standart EXE, Klik tombol Open.
Simpan Project Anda dengan mengklik menu File -> Save Project
Simpan Form Anda dengan Nama FrmLatihan1.
Simpan Project Anda dengan nama ProLatihan1.
Silahkan Anda Buat desain seperti gambar di Bawah ini :
Kemudian aturlah Properties-nya seperti pada tabel di bawah ini :
Setelah Anda atur propertiesnya seperti tabel di atas, maka hasil tampilannya seperti gambar berikut :
Tuliskan Kode programnya seperti berikut :
Berikut adalah Hasil setelah program di jalankan :
Dengan demikian untuk membuat desain interface dari suatu tampilan program, Anda harus memberikan nilai untuk masing-masing objek sesuai dengan properties yang dimiliki oleh objek tersebut.
Berikut ini Contoh pengaturan properties :
Buatlah Project baru dengan pilihan project Standart EXE, Klik tombol Open.
Simpan Project Anda dengan mengklik menu File -> Save Project
Simpan Form Anda dengan Nama FrmLatihan1.
Simpan Project Anda dengan nama ProLatihan1.
Silahkan Anda Buat desain seperti gambar di Bawah ini :
Setelah Anda atur propertiesnya seperti tabel di atas, maka hasil tampilannya seperti gambar berikut :
Tuliskan Kode programnya seperti berikut :
Berikut adalah Hasil setelah program di jalankan :
No comments:
Post a Comment